Sabtu, 11 Oktober 2014

TRIBUNPEKANBARU.COM , PEKANBARU - Peringatan Bulan Bahasa oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau ( UIR ) kembali mengumpulkan karya mahasiswa se Sumatera. Mulai 24 November mendatang karya mahasiswa akan dipertandingkan dalam bidang menulis puisi dan cerita pendek.
Ketua Panitia, Rian Hidayat menuturkan tahun ini kedua kali Bulan Bahasa dilaksanakan lingkup Sumatera. Hal ini menjawab tantangan rektor agar mampu melaksanakan kegiatan nasional. Tidak saja se Riau.
"Ini merupakan tahapan melaksanakan tingkat nasional. Tahun lalu sudah dimulai tingkat regional Sumatera. Tahun ini sesuai rencana akan mengakomodir karya secara nasional. Namun karena ada renovasi gedung, kita kembali fokus tingkat Sumatera," katanya. Berbeda dengan lomba tingkat SMP dan SMA, lanjut Rian, lomba tingkat Sumatera tidak mengharuskan peserta hadir di Pekanbaru. Lomba yang diselenggarakan, merupakan tulisan sehingga cukup dikirim melalui email ataupun pos. Seluruh karya akan diseleksi panitia.
"Bagi pemenang, kita berharap bisa hadir di Pekanbaru saat penyerahaan penghargaan," katanya. Selain Sumatera, beberapa lomba mahasiswa digelar tingkat Riau. Seperti karya tulis ilmiah, baca syair dan monolog. Bagi pelajar SMP dan SMA juga disediakan lomba. Bedanya, dua tingkatan ini khusus Riau. Pelajar SMP bisa mengikuti lomba menulis puisi, cerpen dan pidato. Khusus SMA tersedia lomba musikalisasi puisi, drama komedi, tulis puisi dan baca puisi. Drama komedi termasuk lomba menantang. Tidak saja bermain lakon, peserta dituntut mampu menampilkan humor segar.
"Untuk drama komedi, peserta harus mampu menampilkan drama lucu. Kita ingin membangkitkan sisi humor siswa dan menilai kreativitas mereka," ujarnya. (*)

Sumber: www.tribunpekanbaru.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 HIMA PBI FKIP UIR.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.